Bisa dikatakan organ lambung memang memiliki peran yang sangat penting bagi manusia, karena mencerna semua jenis makanan dan juga minuman yang dikonsumsi. Lambung ini juga dibekali senyawa asam yang berguna untuk mengoptimalkan kinerjanya di dalam mencerna makanan. Hanya saja memang tidak dapat dipungkiri jika terkadang produksi senyawa asam tersebut berlebih maka akan menyebabkan rasa nyeri lambung. Hal semacam ini pastinya akan sangat mengganggu aktivitas bukan.

Bahkan tak jarang diantaranya beberapa orang yang memiliki gangguan ini secara bawaan, jadi jika seandainya dipicu oleh konsumsi makanan maupun makanan yang kurang tepat, maka nantinya gejala tersebut akan kambuh kembali dan menyebabkan sensasi terbakar, rasa yang kurang nyaman bahkan juga tak jarang diantaranya yang mual sampai dengan muntah. Untuk itulah maka patut bagi Anda mewaspadai hal tersebut. Karena pada dasarnya asam lambung naik penyebab sakit maag yang dibiarkan dalam jangka waktu lama nantinya bisa berakibat fatal.

Banyak kasus seseorang yang mengalami kanker lambung dipicu oleh kondisi tersebut. jadi sebenarnya memang patut bagi Anda untuk melakukan pengobatan ke dokter, guna mengatasi hal tersebut. Mengubah pola hidup juga penting dilakukan sehingga nantinya penyakit tersebut tidak muncul kembali. Adapun juga berikut ini diantaranya beberapa bentuk pertolongan pertama yang dapat dilakukan, jika seandainya nyeri lambung tersebut datang menyerang, yaitu:

  1. Melonggarkan pakaian, mengenakan pakaian yang ketat atau terlalu menekan, memang akan membuat perut tertekan, sehingga nantinya asam lambung justru kian naik. Untuk itu sebaiknya ketika Anda sudah merasakan gejala tersebut. maka dianjurkan untuk segera melonggarkan pakaian yang digunakan, lepas ikat pinggang, kait celana atau apapun yang terasa kurang nyaman Anda gunakan pada saat penyakit kambuh.
  2. Segera berdiri tegak, duduk atau bahkan berbaring bukanlah solusi bagi Anda yang mengalami kondisi kesehatan semacam ini. Karena berhubungan dengan gravitasi, maka asam lambung tersebut nantinya justru akan semakin naik dan memberi tekanan kepada sfingter esofagus tentunya. Untuk itu upayakan bagi Anda langsung berdiri tegak. Hal ini cukup efektif digunakan untuk mengurangi tekanan sehingga penyakit tersebut bisa agak mereda.
  3. Kunyah permen karet, coba kunyah permen karet, sepele memang, namun ternyata ada banyak sekali manfaat yang dapat dirasakan dengan melakukan hal ini. patut untuk diketahui bahwa dengan mengunyah permen karet, maka nantinya tubuh akan lebih banyak memproduksi air liur. Hal inilah yang nantinya berperan penting di dalam menetralkan asam di dalam lambung. Ia juga berguna untuk membersihkan asam yang terdapat di dalam kerongkongan.
  4. Mengonsumsi obat untuk asam lambung, cara yang paling praktis dapat dilakukan tak lain sebenarnya adalah dengan mengonsumsi obat-obatan, khususnya adalah jenis antasida. Karena obat semacam ini nantinya akan membantu untuk menetralkan senyawa asam yang ada dalam tubuh. Obat-obat tersebut memang mudah untuk dijumpai di pasaran, bahkan bisa Anda beli di apotek tanpa harus menggunakan resep dokter. Namun harus dikonsumsi sesuai dengan aturan yang berlaku, jangan sembarangan.

Coba 4 cara diatas untuk pertolongan pertama pada penderita nyeri pada bagian lambung. Patut untuk diketahui juga bahwa pada dasarnya ada begitu banyak diantara faktor yang menyebabkan rasa nyeri lambung tersebut. Tak sekedar karena asam lambung yang naik, melainkan juga bisa dipicu oleh hal yang lainnya. Jadi jika seandainya kondisinya tak kunjung membaik setelah mencoba hal-hal di atas, maka cobalah untuk berobat ke dokter.