Sejarah Perkembangan Perusahaan Ferrari

Salah satu model mewah yang masih sangat tenar saat ini yaitu Ferrari. Perusahaan yang berasal dari Italia ini memang sudah lama melakukan proses produksi terhadap berbagai mobil mewah yang dijual di seluruh dunia. Tentu saja, salah satu dari negara yang digunakan untuk menjual produk Ferrari yaitu Indonesia.

Pasti Anda penasaran mengenai sejarah perkembangan dari perusahaan ini sampai denagn seri-seri apa saja yang populer sampai masa kini. Bagi Anda masih penasaran, maka Anda dapat menyimak sebagai berikut.

Sejarah Ferrari secara Global

Perusahaan Ferrari merupakan salah satu dari perusahaan mewah mobil yang berasal dari Italia. Pendiri dari perusahaan tersebut yaitu Enzo Ferrari yang mana mendirikan perusahaan tersebut pada 1939. Berdasarkan Brand Finance pada 2014, perusahaan tersebut dinominasikan sebagai perusahaan dengan model yang paling berkekuatan di seluruh dunia.

Bahkan pada tahun 2018, salah satu seri Ferrari yaitu the GTO diklarifikasikan sebagai mobil termahal sepanjang sejarah penjualan yang mana mampu mencapai US$70 juta. Setiap seri yang dikeluarkan selalu menggusung tema mobil Sport dan jumlah karyawan yang ada pada perusahaan tersebut adalah sebanyak three,336 pada tahun 2017 lalu.

Perusahaan tersebut di sepanjang masa selalu berhasil mengeluarkan setiap serinya dengan sangat sukses dalam hal performa maupun desain eksterior. Hal ini yang membuat perusahaan tersebut selalu memiliki penjualan yang sangat spektakuler dan berhasil meraih berbagai macam piala dan nominasi kemenangan.

Sejarah Masuk Indonesia
Mencari jejak sejarah Ferraari di Indonesia memang bukan hal yang mudah. Sejarah mencatatkan bahwa pada tahun 2013, Indonesia merupakan salah satu negara yang digunakan untuk memasarkan produk Ferrari. Penjualan dari unit mobil di Indonesia juga semakin meningkat, sehingga mampu mencapai 400 unit pada 2017.

Seri yang mendominasi di Indonesia yaitu Ferrari dengan konfigurasi mesin V8, Ferrari 360, Ferrari F430, Ferrari 458, dan lain sebagainya. Kebanyakan dari konsumen yang mengkoleksi mobil-mobil tersebut adalah kalangan pengusaha.

Model Terpopuler hingga Saat Ini
Anda pasti bertanya-tanya mengenai seri apa yang terhitung paling laku bila dipasarkan di seluruh dunia. Jawabannya adalah Ferrari 488 GTB. Mobil tersebut memiliki desain inside yang mewah dengan sistem aerodinamis yang sangat baik, sehingga memungkinkan mobil untuk dapat melaju dengan sangat kencang.

Seri tersebut pertama kali diproduksi pada 2015 silam dengan warna merah yang sangat khas. Seri tersebut masih terus diproduksi sampai dengan saat ini. Desainer dari eksterior seri tersebut yaitu Flavio Manzoni. Seri tersebut juga hanya memiliki 2 pintu saja dengan kapasitas mesin sebesar 3,9 liter.

Sistem transmisi yang digunakan yiatu dual clutch dengan 7 percepatan. Mesin tersebut dapat menghasilkan tenaga sampai dengan 670 pS yang mana dapat melakukan torsi maksimum sebesar 760 Nm.

Seri tersebut juga memiliki variasi lain yaitu Spider dan Pista. Bahkan, Anda juga akan dapat melihat adanya seri dengan warna putih yang diberikan nama 488 Pista Spider. Mobil ini menjadi salah satu mobil sport yang banyak diminati berkat kemewahan dan juga desainnya yang sangat keren.

Seluruh model Ferrari di Indonesia merupakan mobil Completely Build Up (CBU) yang artinya mobil ini dirakit secara khusus di pabrik Ferrari di Itali dan dikirimkan secara utuh ke Indonesia. Meskipun peminat dapat memilih model apa saja sesuai keinginan, ada 10 mannequin Ferrari terbaru yang dipasarkan secara langsung di Indonesia. Model tersebut adalah sebagai berikut, Ferrari 812 Super Fast, GTC4Lusso, F8 Tributo, 488 Spider, Ferrari 488 Pista, Ferrari 488 Pista Spider, GTC4Lusso T, Ferrari Portofino, Ferrari Monza SP1, dan yang terakhir Ferrari Monza SP2.

Ferrari F8 Tributo merupakan mannequin terbaru yang sedang naik mannequin saat ini, dengan dukungan mesin V8 Turbo, Ferrari F8 Tributo diklaim mampu memberikan performa terbaik, seru dan mudah untuk dikemudi. Mesin yang digunakan dari Ferrari F8 Tributo merupakan mesin V8 terkuat yang pernah ada, mampu menghasilkan tenaga hingga 720 horse power.

Mobil Produksi Ferrari Sepanjang Tahun Sebelumnya

Ferrari a hundred twenty five S

Mobil Ferrari pertama yang dirilis oleh perusahaan tersebut yaitu Ferrari one hundred twenty five S pada 1947. Desainer dari seri tersebut yaitu Gioacchio Colombo atau Scuderia Ferrari. Jenis dari mobil tersebut yaitu Sport car dengan kapasitas mesin sebesar 1,5 liter.

Ferrari 340 America

Seri berikutnya yang juga menjadi sempat sangat booming pada saat masa perilisannya yaitu Ferrari 340 America pada 1950. Seri tersebut hanya diproduksi sampai dengan 2 tahun setelah tahun perilisan. Mobil tersebut juga memiliki 2 pintu dengan kapasitas four,1 liter dengan tenaga yang dihasilkan sebesar 220 hp. Sistem transmisi yang digunakan yaitu guide dengan 5 jenis percepatan.

Ferrari 250

Mobil berikutnya yang juga diirlis oleh perusahaan tersebut yaitu Ferrari 250 pada 1953 dan terus dijual ke pasar sampai dengan 1964. Salah satu dari desainer yang terkenal yaitu Giotto Bizzarrini, Sergio Scaglietti, Pininfarina, Vignale, dan Ghia. Jenis dari seri tersebut yaitu Grand Tourer.

Kapasitas dari mobil tersebut yaitu 3 liter. Sistem tersebut memiliki transmisi dengan jenis handbook dan 5 jenis percepatan.

Ferrari California

Seri berikutnya yang juga dirilis oleh perusahaan Ferrari yaitu Ferrari California pada 1966. Proses produksi dari seri tersebut masih terus berlangsung sampai dengan satu tahun berikutnya. Desainer dari seri tersebut yaitu Tom Tjaarda.

Mesin yang tersedia memiliki kapasitas four,4 liter dengan tenaga yang dihasilkan sebesar 320 hp. Sistem transmisi yang digunakan yaitu guide dengan 5 jenis percepatan.

Ferrari Daytona

Seri berikutnya yang juga memiliki banyak versi yaitu Ferrari Daytona yang mana terdapat beberapa versi, seperti GTB/ four dan GTS/ four. Keduanya diproduksi pada tahun yang berbeda yaitu GTB/4 diproduksi pada 1968 dan GTS/four pada 1971. Desainer dari seri tersebut yaitu Leonardo Fioravanti.

Jenis dari seri tersebut yaitu Sport automobile yang mana sudah menggunakan mesin dengan kapasitas four.390 cc dengan sistem transmisi manual. Percepatan yang dimiliki oleh mesin tersebut yaitu 5 jenis percepatan.

Ferrari 550

Perusahaan Ferrari juga melakukan produksi terhadap seri lainnya yaitu Ferrari 550 pada 1996 yang mana sudah diproduksi sampai dengan three.083 unit. Desainer dari seri tersebut yaitu Lorenzo Ramaciotti. Kelas dari seri tersebut yaitu Grand Tourer dengan 2 pintu.

Kapasitas mesin yang digunakan yaitu 5,5 liter dengan sistem transmisi guide. Percepatan yang terpasang pada mobil tersebut yaitu 6 jenis percepatan.

Ferrari 458

Seri selanjutnya yang dirilis yaitu Ferrari 458 pada 2009. Seri tersebut terus diproduksi di pabrik sampai dengan 2015. Desainer dari seri tersebut yaitu Donato Coco. Kelas dari seri tersebut yaitu Sport automobile yang mana juga hanya memiliki 2 pintu.

Kapasitas dari mobil tersebut yaitu 4.5 liter dengan jenis transmisi twin-clutch yang juga dilengkapi dengan 7 jenis percepatan. Dimensi panjang, lebar, dan tinggi yang dimiliki yaitu 4.527 mm, 1.937 mm, dan 1.213 mm.

Ferrari 812 Superfast

Ferrai 812 Superfast menggunakan mesin 12-silinder Berlinetta, sehingga membuat mobil ini merupakan model terkuat dan terkencang sepanjang sejarah Ferrari. Mesin 6.5 liter V12 mampu menghasilan 800 cv, dengan output energy maksimal pada 8.500 rpm.

GTC4Lusso

Ferrari GTC4Lusso merupakan mobil coupe dengan four kursi. GTC4Lusso merupakan mobil sporting Grand Tourer yang mengintegrasikan sistem rear wheel steering dan 4-wheel drive untuk pertama kalinya di sejarah Ferrari.

Ferrari GTC4Lusso menggunakan mesin 12-Silinder yang mampu menghasilkan tenaga 690 tenaga kuda pada eight.000 rpm. Memberikan torsi maksimal 697 Nm pada 5.750 rpm. Dengan sistem empat roda penggerak membuat Ferrari GTC4Lusso lebih gesit, dan mudah untuk dikendalikan dalam segala medan. Membuat mobil ini sangat cocok untuk mereka yang gemar melakukan perjalanan jauh menggunakan mobil.

Ferrari 488 Pista

Ferrari 488 PIsta, pertama kali diperkenalkan pada ajan Geneva Motor Show 2018, ini merupakan mannequin terbaru dari seri Ferrari V8. Menambahkan lini Ferrari V8 yang sudah ada sebelumnya seperti Challenge Stradale, 430 Scuderia, dan 458 Speciale. Ferrari F488 Pista diclaim merupakan mobil street sport tercepat yang dapat melaju secara authorized di jalan umum.

Dengan bobot yang lebih ringan 90 kg dibandingkan dengan 488 GTB Ferrari 488 Pista mampu memberikan 50 tenaga kuda tambahan. Tenaga maksimal yang mampu diberikan adalah 720 hp dan mampu berakselerasi dari 0 ke 100 km/jam dalam waktu 2.85 detik saja.

Berita Seputar Mobil Ferrari
Saat ini, perusahaan Ferrari sedang mengerjakan sebuah proyek besar dengan nama Project 2037 Vision-F. Projek tersebut adalah projek untuk merancang mobil Ferrari masa depan yang sudah pasti akan memiliki beberapa teknologi canggih.

Mobil tersebut juga memiliki desain eksterior yang sangat simple, futuristik, dan keren. Anda akan dapat melihat desain eksterior dari projek tersebut saat ini. Desain eksterior tersebut juga akan memiliki sistem aerodinamika yang baik, sehingga memungkinkan mobil untuk dapat melaju dengan sangat cepat.

Pembuatan dari seri tersebut memang ditujukan untuk dapat berkompetisi terhadap mobil mewah lainnya yang mana juga mengeluarkan berbagai macam mobil dengan tema masa depan dimulai pada 2020. Beberapa model terkenal Lamborghini dan juga Mercedes-Benz juga dikabarkan akan meluncurkan mobil dengan desain masa depan tersebut sekitar tahun yang sama.