Mungkin belum banyak yang tahu tentang istilah smartpace dalam sebuah perangkat rokok elektrik. Pasalnya, istilah tersebut memang belum banyak digunakan pada perangkat rokok elektrik dari brand apapun. Baru setelah Relx mengadopsi teknologi tersebut pada salah satu device mereka, teknologi tersebut baru muncul ke permukaan. Device dari relx yang sudah mengadopsi teknologi tersebut adalah varian relx infinity

Varian device dari relx tersebut memang yang sejauh ini paling laris di pasaran meskipun sebetulnya merupakan varian dengan penawaran harga paling mahal diantara produk relx yang lain. Meskipun sudah mulai diperkenalkan melalui salah satu produk device rokok elektrik, tetapi kiranya kebanyakan orang yang tahu istilah teknologi smartpace baru sekedar tahu namanya saja. Mengenai apa kegunaan dan lain sebagainya masih belum banyak diketahui.

Sebetulnya cukup sederhana untuk menjelaskan apa itu teknologi smartpace. Teknologi smartpace yang ada pada device rokok elektrik adalah suatu mekanisme peringatan yang akan memberitahu pengguna rokok elektrik bahwa penggunaan rokok elektriknya sudah berlebih. Pemberitahuan atau notifikasi yang dilakukan adalah dalam bentuk getar, maksudnya device atau perangkat rokok elektrik akan bergetar ketika sudah terindikasi aktif cukup lama.

Teknologi smartpace memang sengaja dikembangkan untuk tujuan tersebut mengingat banyak orang yang mengeluhkan konsumsi nikotin dari rokok mereka seringkali berlebihan setiap harinya. Sehingga menimbulkan kekhawatiran akan dampak buruk jangka pendek, jangka menengah maupun jangka panjang. Maka dengan adanya teknologi smartpace para penikmat nikotin dari rokok elektronik dapat mengetahui bahwa aktivitas vaping mereka sudah berlebihan.

Teknologi smartpace memang masih terus dikembangkan karena memang masih ada hal-hal yang kiranya perlu ditingkatkan. Karena saat ini indikasi berlebihan atau tidaknya aktivitas vaping baru diukur dari lamanya device aktif. Hal tersebut sebetulnya merupakan suatu pengukuran yang kurang valid mengingat sangat mungkin device rokok elektrik digunakan secara bergantian oleh dua orang atau beberapa orang. Dengan demikian maka notifikasi yang muncul belum tentu benar-benar menandakan si pengguna sudah berlebihan menggunakan device karena waktu beroperasi device merupakan akumulasi pemakaian dari beberapa orang.

Meski demikian, teknologi smartpace yang sekarang ini ada sudah dapat dikatakan baik dan cukup membantu para pecinta rokok elektrik untuk sedikit mengerem aktivitas vaping mereka. Karena biasanya yang mengharapkan dapat mengerem aktivitas vapingnya adalah mereka yang sudah sadar akan bahaya nikotin tetapi belum mampu sepenuhnya menghentikan konsumsinya.

Lebih jauh teknologi smartpace akan dikembangkan hingga tahap dimana dapat menunjukkan sudah sebanyak apa nikotin yang dikonsumsi. Dengan begitu, bukan hanya pengguna bisa tahu bahwa konsumsi nikotinnya sudah berlebihan tetapi juga bisa tahu sudah sebanyak apa tingkat konsumsinya. Sehingga nantinya pengguna bisa secara bertahap mengurangi angka konsumsi nikotin mereka.

Meski memiliki manfaat yang begitu baik sebagai mekanisme peringatan bahwa konsumsi nikotin dari aktivitas vaping sudah berlebihan, tetapi tentu saja adanya teknologi smartpace juga tidak luput dari tentangan. Pasalnya banyak pengguna yang merasa sedikit terganggu ketika notifikasi getar muncul. Tetapi umumnya yang merasa demikian memang hanya pihak yang tidak memiliki keinginan untuk membatasi konsumsi nikotin dari aktivitas vapingnya.

Demikian sedikit informasi tentang teknologi smartpace yang sejauh ini baru ada pada relx infinity device. Semoga dengan informasi barusan, pembaca dapat lebih paham manfaat dari teknologi tersebut. Mungkin juga pembaca sekalian akan lebih tertarik dengan device dari relx yang varian infinity karena sudah ada teknologi tersebut.