Satu Kemenangan Lagi Hamilton Samai Rekor Michael Schumacher

AKURAT.CO,Lewis Hamilton merayakan kemenangan ke-90 di ajang Formula 1, kurang satu kemenangan dari rekor sepanjang masa milik legenda Michael Schumacher setelah memenangi Grand Prix Tuscan 2020.

Balapan yang berlangsung di Sirkuit Mugello, Tuscan, Italia, Minggu (thirteen/9) itu berlangsung dramatis. Di mana balapan harus diulang sebanyak dua kali akibat beberapa insiden kecelakaan yang terjadi di lintasan.

“Itu semua sedikit membingungkan. Itu seperti tiga balapan dalam satu hari. Semua itu dimulai ulang, fokus yang dibutuhkan selama waktu itu, sangat, sangat sulit,” kata Hamilton dikutip Reuters.

baca juga:
* Lewis Hamilton Menangi Balapan yang Penuh Insiden di Mugello
* Lewis Hamilton Pole Position di Grand Prix Tuscan
* FP3: Tercepat, Bottas Sapu Bersih Latihan Bebas di GP Tuscan

Rekan setim Hamilton, Valtteri Bottas yang sempat memimpin di awal-awal balapan harus puas menjadi runner-up untuk mengantarkan Mercedes meraih posisi satu-dua pada balapan yang penuh tabrakan tersebut.

Dikutip laman resmi Formula 1, bahkan hanya ada 12 dari 20 mobil yang mampu melewati garis finis. Terlebih, salah satu pembalap yang gagal melewati garis finis adalah jagoan dari tim Red Bull Racing-Honda, Max Verstappen.

Beruntung, Red Bull memiliki Alexander Albon untuk membawa mobil RB16 menempati podium ketiga, mengekor Bottas, hanya lebih lambat 3,184 detik untuk merebut tempat kedua.

“Butuh beberapa saat untuk sampai di sini! Itu sulit. Rasanya menyenangkan berada di sini (posisi tiga),” kata Albon dikutip Twitter resmi Formula 1.

> @alex_albon takes P3 from Daniel Ricciardo

A decisive transfer that resulted in his first ever F1 podium! #F1 pic.twitter.com/bLKciSXY6n

— Formula 1 (@F1) September 13, Di lain sisi, kemenangan keenam Hamilton dalam sembilan balapan musim ini membuatnya unggul fifty five poin dari Bottas, dengan delapan putaran tersisa. Pembalap Inggris itu bahkan mendapatkan poin ekstra untuk torehan lap tercepat di sirkuit yang melakukan debutnya di F1 itu.

Hasil mengecewakan diraih tim Scuderia Ferrari. Sebenarnya, balapan kali ini adalah grand prix keuaraan ke-one thousand untuk Ferrari. Sayang kedua pembalapnya hanya mampu merebut posisi delapan (Charles Leclerc) dan posisi 10 (Sebastian Vettel).