Tips Mengupas dan Menyimpan Nanas Agar Tidak Mudah Membusuk

 

 

Nanas merupakan salah satu buah segar yang nikmat ketika dimakan dalam cuaca panas. Mempunyai rasa perpaduan antara manis serta asam, menariknya nanas mengandung air yang cukup banyak sehingga dapat minimalisir dehidrasi ketika cuaca terik. Banyak ditemukan dengan mudah di Indonesia, baik nanas muda ataupun yang sudah matang dengan rasa yang mayoritas manis. Tahukah Anda nanas menyimpan banyak nutrisi? Ya, semua nutrisi didalamnya bermanfaat untuk menjaga kesehatan tubuh Anda saat ini sampai dengan masa mendatang.

Cara Mengupas Nanas

Meskipun rasanya nikmat, sering kali orang yang makan buah nanas merasakan gatal pada bagian bibir, lidah sampai dengan tenggorokan. Nah, bisa jadi itu merupakan akibat konsumsi nanas karena didalamnya terdapat enzim yang bisa menyebabkan rasa gatal. Makanya supaya Anda tidak mengalami hal tersebut pastikan mengupas dengan cara yang tepat. Ada beberapa tips yang bisa Anda gunakan untuk mengupas nanas seperti:

  1. Pertama coba untuk memotong terlebih dahulu pada bagian nanas bawah dan atas.
  2. Hilangkan kulit nanas yang keras dengan mengiris, bisa dengan posisi nanas berdiri.
  3. Lalu hilangkan bagian mata nanas dengan memotong menyerong.
  4. Selanjutnya lumuri garam supaya enzim yang menyebabkan rasa gatal hilang.
  5. Setelah didiamkan 5 menit, bersihkan dengan air mengalir.
  6. Potong dan sajikan dalam kondisi dingin ataupun tidak.

Melalui tips diatas Anda akan terhindar dari masalah gatal yang sering kali dialami oleh banyak orang ketika selesai konsumsi nanas. Pada dasarnya saat ini sudah banyak nanas yang dijual dalam bentuk kupas, memang lebih praktis namun Anda tetap harus hati-hati. Bukan berarti itu aman langsung dikonsumsi tanpa dicuci ataupun direndam dengan air garam. Tenang, perendaman dengan garam tidak akan merubah rasa segar, manis dan asam pada nanas jadi tetap nikmat.

Cara Menyimpan Nanas

Nanas cukup mudah ditemukan di Indonesia sebagai negara tropis ini, bisa dikonsumsi secara langsung, dibuat jus ataupun dibuat berbagai olahan es yang nikmat. Bila Anda membeli nanas dalam jumlah yang banyak, harus paham juga cara penyimpanan yang tepat. Ya, buah kuning tersebut akan mudah berubah warna kecoklatan ketika sudah lama tidak dimakan. Namun hal itu rupanya bisa dihindari dengan tips menyimpan yang tepat. Anda bisa melakukan beberapa cara menyimpan nanas supaya lebih awet seperti berikut:

  1. Bila menyimpan pada suhu ruangan pastikan Anda memasukkan dalam kantong plastik ataupun sejenisnya. Beri lubang, dengan begitu nanas akan lebih awet dan tidak mudah membusuk sekitar 3 sampai dengan 5 hari kedepan.
  2. Ketika sudah dipotong dan akan disimpan dalam kulkas, bisa gunakan perasan jeruk terlebih dahulu. Ini penting, karena meskipun didalam suhu kulkas yang dingin rupanya tetap akan merubah warna nanas. Bisa bertahan kurang lebih 5 sampai dengan 7 hari, silahkan mencoba.
  3. Ini penyimpanan yang aman, dimana nanas bisa langsung dibekukan dalam freezer dan ambil ketika diperlukan.

Bagaimanapun cara mengupas, cara menyimpan akan tetap sia-sia ketika tidak mendapatkan nanas yang berkualitas bagus. Artinya dengan buah yang bagus mengupas yang tepat lalu penyimpanan sesuai tentu nutrisi banyak yang terkandung akan Anda dapatkan secara sempurna. Nah, untuk mendapatkan berbagai jenis buah seperti nanas bisa langsung belanja di TaniHub. Aplikasi belanja sayur, buah dan keperluan lainnya dengan kualitas terbaik karena langsung dari petani. Tinggal buka aplikasi, buka jenis barang, pesan lalu TaniHub akan mengirim barang sampai depan rumah Anda.