TIPS SEPUTAR PRODUK DARI PADI UMKM UNTUK PARA UMKM YANG TELAH BERGABUNG

Pasar Digital UMKM hasil inisiasi BUMN yang diluncurkan pada Agustus 2020 lalu ini sebagai platform digital jual barang dan jasa BUMN ini, mengedepankan aspek kemudahan untuk membantu segala macam jenis kendala yang dirasakan oleh UMKM di Indonesia dengan prinsip memajukan UMKM agar melek digital. PaDi UMKM atau yang bisa disebut Pasar Digital UMKM hasil inisiasi KBUMN dengan BUMN lainnya, menginginkan adanya transaksi secara terus menerus untuk para pelaku UMKM yang telah bergabung agar UMKM tersebut memiliki ekonomi yang stabil ke depannya dan dapat memajukan perdagangan dari segi digital.

Dikutip dari Media Sosial PaDi UMKM (26/12/20), Tips-tips umum seputar produk untuk para pelaku usaha UMKM terutama bagi yang baru bergabung di platform digital pengadaan barang dan jasa pemerintah ini. Dengan adanya tips dan trik seputar produk ini diharapkan para pelaku usaha UMKM yang ingin mencoba mengunggah produknya agar terlihat lebih menarik dimata para pembeli yaitu pihak BUMN.

Pertama Tips agar foto produk terlihat lebih menarik, platform digital jual barang dan jasa pemerintah ini memiliki tips agar foto produk yang dibuat oleh para pelaku usaha UMKM menjadi lebih menarik dan ciamin untuk dibeli oleh para pembeli yaitu BUMN. Langkah pertama, Pencahayaan yang cukup untuk membuat foto produk, agar setiap detail produk memberikan aksen berbeda saat dilihat oleh pembeli, ciri yang dimiliki produk masing-masing UMKM akan terlihat lebih menonjol jika pencahayaan begitu memadai dan lengkap saat proses dilakukan. Menggunakan kamera digital professional atau kamera handphone juga akan lebih mudah di aplikasikan jika cahaya memadai.

Platform digital belanja barang dan jasa BUMN ini, juga memberikan Langkah kedua seputar tips agar foto produk terlihat lebih menarik yaitu Background putih atau netral, mengapa latar belakang untuk foto produk akan lebih baik jika menggunakan warna netral atau putih? Karena warna tersebut nantinya akan memberikan latar belakang yang bersih sehingga produk yang difoto terlihat lebih fokus dan menonjol dimata para pembeli.

Langkah ketiga dari platform digital jual barang dan jasa pemerintah ini untuk tips foto produk agar terlihat lebih menarik yaitu, ambil foto produk dari berbagai sudut, ketika semua sudut yang ditampilkan dari produk UMKM tersebut terlihat jelas dan menarik dimata pengunjung toko, maka akan terlihat perbedaan yang menonjol dari produk tersebut dibandingkan dengan toko lainnya, bisa terlihat dari kemasan produk yang berkualitas maupun warna yang membuat mata tertuju untuk siap membeli produk tersebut dan bertanya lebih detail pada toko.

Kementerian BUMN berharap, Platform digital ini akan siap siaga membantu dan mendorong pelaku usaha UMKM agar terus percaya diri menjajakan produk mereka secara online dan siap untuk menguasi pasar Indonesia demi kemajuan ekonomi Indonesia dari segi lokal maupun internasional. BUMN diharapkan terus berbelanja di platform digital ini demi upaya untuk membantu perekonomian Para pelaku usaha yang telah mendaftar agar mampu bertahan terutama saat pandemi ini hadir ditengah-tengah masyarakat Indonesia.